7 Fitur yang Harus Ada Dalam CRUD

Tips, Tutorial - 19 Jun 2016

CRUD atau create, read, update dan delete merupakan sebuah skema dalam pengembangan aplikasi yang sering sekali dijumpai. Istilah CRUD sendiri sebenarnya mewakili dari 4 proses utama yang terjadi dalam aplikasi ketika berinteraksi dengan database.

Ke 4 fitur tersebut ialah :

  • Create ialah fitur untuk membuat/menyimpan data baru
  • Read, membaca/menampilkan data yang telah tersimpan di database
  • Update, mengubah/melakukan perubahan pada data
  • Delete, menghapus data

Namun dalam membangun sebuah aplikasi, fitur CRUD saja tidaklah cukup. Diperlukan berbagai fitur lainnya yang harus ada di dalam sebuah aplikasi agar nantinya aplikasi yang dibangun dapat digunakan dengan baik dan layak serta bermanfaat. Setidaknya terdapat 7 fitur umum CRUD yang harus ada ketika Anda akan membangun sebuah aplikasi CRUD.

1. Daftar Data

Biasanya daftar data akan ditampilkan dalam tabel atau list. Kemudian disetiap item/record akan disertakan dengan beberapa tombol aksi seperti tombol mengubah data, tombol melihat detail data dan tombol untuk menghapus data. Jangan lupa sertakan juga tombol untuk menambah data baru.

Baca juga : Menampilkan Data dengan PHP, MySQL dan DataTables

2. Pencarian

Tambahkanlah fitur pencarian di dalam aplikai yang kita buat. Dengan pencarian user dengan mudah dapat mencari data yang diperlukan dengan cepat.

Baca juga : Membuat Pencarian Facebook dengan jQuery, Ajax dan PHP

7 Fitur yang Harus Ada Dalam CRUD

3. Pagination

Ketika menampilkan daftar data, buatlah pagination untuk membatasi jumlah data yang akan ditampilkan misal 10 atau 100 setiap halamannya. Karena tidak mungkin Anda menampilkan semua data dalam 1 halaman saja bukan ? Coba bayangkan jumlah data di aplikasi Anda mencapai ribuan, tentu butuh waktu yang lama untuk menampilkan semua data tersebut serta manjadikan aplikasi Anda terasa berat dan tidak optimal. Dengan adanya pagination, user dapat dengan mudah melihat data baik data paling awal, paling akhir ataupun data di halaman tertentu.

4. Pesan Konfirmasi

Tampilkan pesan konfirmasi kepada user bila mengakses event tertentu yang di anggap penting. Misal ketika proses hapus data. Sebaiknya tampilkan pesan konfirmasi apakah user benar-benar ingin menghapus data atau ingin membatalkannya. Karena dengan adanya pesan konfirmasi, kesalahan penggunaan aplikasi oleh user pun dapat diminimalisir. Serta user pun dapat lebih aware akan aplikasi yang digunakan.

Pesan Konfirmasi dalam Fitur CRUD

5. Validasi Form

Ketika user akan menginputkan data baru atau melakukan perubahan data, tambahkan validasi form disetiap inputan yang diperlukan. Ini diperlukan untuk meminimalisir kesalahan penginputan data dan juga tentunya untuk mengamankan apliaksi Anda dari script jahat yang disisipkan oleh user ketika menginputkan data.

Baca juga : Validasi Form dengan HTML5

Validasi form dapat Anda buat menggunakan HTML5 disetiap inputan ataupun menggunakan code di aplikasi yang Anda buat.

6. Pengurutan Data

Fitur ini dapat memudahkan user untuk mengurutkan dan memilah data yang ingin dilihat ataupun di proses. Anda dapat membuat fitur pengurutan data menggunakan plugin-plugin jQuery ataupun menggunakan code di sever side scripting

7. Export Data

Anda dapat menambahkan fitur export untuk menyajikan data dalam format berbeda. Misal ke file pdf, excel, csv, txt ataupun format lainnya.

Baca juga : Membuat Laporan Excel dengan PHP dan jQuery

Kesimpulan

Fitur diatas ialah fitur umum yang harus ada di dalam sebuah aplikasi CRUD. Terlepas dari bahasa pemrograman apa yang Anda gunakan, bila Anda akan membangun sebuah aplikasi jangan lupa sertakan fitur diatas ya. Semoga bermanfaat.