Mengenal Teknik Dasar Penerapan SEO

Tutorial - 12 Jun 2013

Sebagian dari kita yang sering menggunakan pencarian google, tentunya akan sangat terbantu jika hasil pencarian yang ditampilkan sesuai dengan kata kunci yang diketikkan. Tentu pernah terlintas dalam benak, bagaimana jika blog/web saya yang ditampilkan pada halaman pertama pencarian Google ?

Mengenal Teknik Dasar Penerapan SEO

Mendapatkan web/blog berada dihalaman pertama pencarian Google bukanlah hal yang mustahil. Yang perlu Anda lakukan adalah mempelajari bagaimana teknik untuk bisa menjadikan hal tersebut menjadi kenyataan.

Apa itu SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Yaitu suatu proses yang dilakukan untuk menjadikan website kita berada pada halaman pertama dari hasil pencarian melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan lainnya.

Untuk Apa SEO ?

Lalu untuk apa SEO itu ? SEO akan berguna untuk meningkatkan trafik pengunjung ke website kita. Karena pada umumnya pengunjung akan mencari suatu topik yang diinginkan melalui mesin pencari. Apakah itu produk, artikel, video dan lainnya.

Bagi Anda seorang pebisnis online tentu akan senang jika pengunjung web Anda ramai dikunjungi karena kemungkinan produk Anda terjual semakin tinggi. Begitu juga Anda yang memiliki blog/web pasti akan senang jika artikel yang Anda tuliskan ramai yang baca.

Lalu, Bagaimana Cara Menerapkan SEO

Untuk menjadikan website kita berada di rangking satu dari hasil pencarian Google ada 2 teknik SEO yang harus dilakukan yaitu SEO On-Page dan SEO Off-Page. SEO On-Page adalah optimasi yang dilakukan di dalam website sendiri. Mulai dari link, gambar, meta tag, struktur navigasi, hingga konten yang ada didalam website kita sendiri.

Sedangkan SEO Off-Page adalah optimasi yang dilakukan diluar website. Seperti link eksternal yang mengarah ke website Anda.

SEO On-Page

Title

Yaitu judul dari halaman website Anda. Title biasanya diapit oleh tag <title> dan </title> yang terletak didalam tag <head>. Buatlah title yang unik, akurat dan relevan dengan konten Anda. Dan selalu usahakan title mengandung dengan kata kunci atau keywords.

Contoh :

&lt;title&gt;ePlusGo - Mengenal Teknik Dasar Penerapan SEO&lt;/title&gt;

Konten

Yaitu isi dari website Anda, seperti tulisan ataupun video. Buatlah konten yang bagus dan unik serta tidak copy paste. Setiap membuat konten usahakan selalu mengandung kata kunci yang berpotensi diketikkan oleh pengunjung.

Heading Tag

Gunakan heading tag di dalam website Anda. Dimulai dari <h1><h2> dan </h3>. Ketika menuliskan heading tag, usahakan mengandung dengan kata kunci. Pastikan didalam struktur website Anda hanya terdapat satu heading <h1>, kemudian diiukti dengan heading <h2> dan seterusnya hingga yang paling kecil.

Internal Link

Jika satu konten masih memiliki hubungan dengan konten lainnya, jangan lupa untuk menautkan link ke konten tersebut. Pastikan link yang Anda tautkan memiliki kata kunci yang relevan dengan konten Anda.

Title Link

Ketika membuat sebuah tautan link, tambahkan elemen title pada link tersebut. Tuliskan kata kunci yang relevan dengan konten lainnya pada elemen title.

Contoh :

&lt;a href=&quot;https://www.eplusgo.com&quot; title=&quot;Tutorial Pemrograman Web&quot;&gt;

Image

Ketika menuliskan sebuah konten, tambahkanlah gambar yang relevan dengan konten Anda. Google lebih suka dengan konten yang memiliki gambar yang relevan dengan konten Anda. Jangan lupa untuk memberi elemen alt pada konten gambar dengan kata kunci website Anda.

Contoh :

&lt;img src=&quot;gambar/kuedonat.png&quot; alt=&quot;Kue Donat&quot; /&gt;

Loading Website

Anda tentunya lebih senang untuk mengunjungi website yang loadingnya cepat bukan ? Nah, begitu juga dengan pengunjung lainnya. Untuk itu, jangan beratkan website Anda dengan beragam widget yang terlalu banyak. Karena Google juga lebih suka dengan website yang loadingnya cepat.

SEO Off-Page

Search Engine

Daftarkan web/blog Anda ke search engine populer seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Backlink

Backlink ialah link website Anda yang terletak pada website orang lain. Mesin pencari seperti Google, sangat menyukai website yang memiliki backlink yang berkualitas. Karena website tersebut dianggap sudah memiliki popularitas yang tinggi. Link yang bagus ialah link dofollow, biasanya didefinisikan dengan elemen rel.

Contoh :

&lt;a href=&quot;https://www.eplusgo.com&quot; rel=&quot;dofollow&quot;&gt;

Web Direktori

Web direktori akan membantu meningkatkan popularitas website Anda sekaligus mendapatkan backlink. Diantara direktori web ialah Technorati, Dmoz, blog-indonesia.com, dan lainnya.

Social Networking dan Bookmark

Manfaatkan juga media sosial seperti Facebook, Twitter, Digg, Delicious untuk meningkatkan popularitas website Anda. Usahakan setiap tulisan, selalu Anda masukkan ke social networking dan bookmark.

Blog Walking

Yaitu cara manual untuk mendapatkan sebuah link dengan mengunjungi website orang lain kemudian memberikan komentar diwebsite tersebut. Ketika memberi komentar, biasanya Anda diminta untuk mengisi alamat web/blog. Isilah dengan alamat web/blog Anda.

Kesimpulan

Teknik diatas merupakan teknik dasar untuk menerapkan SEO di website/blog. Disamping teknik diatas, masih banyak teknik lainnya yang harus dipelajari. Diantaranya, menjaga struktur website yang baik, terorganisir dan memiliki konten yang bagus.