Belajar Web. Mulai Dari Mana ?

News - 02 Jun 2013

Sering kali, teman-teman yang baru terjun dan mencoba mempelajari dunia web kebingungan dan bertanya-tanya dari manakah seharusnya memulai agar nantinya dapat menguasai pemrograman web dengan baik ? Apakah harus belajar teori dulu, praktek, atau banyak menghafal sintaks-sintaks berbagai bahasa pemograman web. Nah, eplusgo akan memberikan tips untuk memudahkan Anda memulai mempelajari dunia web.

Pada dasarnya, untuk memulai menguasai pemrograman web bukanlah perkara yang sulit. Terlebih dahulu Anda harus mengenal dan mengetahui bahasa pemograman apa yang digunakan untuk membangun sebuah website dan bagaimana cara terbaik mempelajarinya.

Tips 1 – Bangun Pondasi

Belajar Membuat Web. Mulai Dari Mana ?

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah pelajari bahasa markup HTML. HTML digunakan untuk mendesain sebuah website. HTML merupakan “pondasi” awal untuk dapat membangun dan mendesain sebuah website. Dengan HTML Anda dapat menampilkan tulisan, gambar, membuat form, membuat tabel, membuat link dan sebagainya. Sampai sekarang HTML telah berkembang hingga versi HTML5. Pada HTML5 telah banyak fitur tambahan yang diberikan sehingga aplikasi web yang dibuat lebih interaktif, diantaranya menampilkan video, audio, dan lainnya.

Mulai belajar HTML.

Tips 2 – Tunjukkan Kemampuan

Belajar Membuat Web. Mulai Dari Mana ?

Setelah mempelajari HTML, mulailah pelajari CSS. CSS digunakan untuk menampilkan elemen HTML secara lebih baik dan terstruktur. Jika HTML digunakan untuk menampilkan dokumen (tulisan, gambar, dll) maka CSS digunakan untuk memberikan “style/gaya” pada dokumen tersebut, seperti warna, tata letak, font dan sebagainya. Versi terbaru dari CSS ialah CSS3. Diantara fitur pada CSS3 yaitu, membuat efek bayangan (shadow), lengkungan (border-radius), membuat animasi dan sebaginya.

Mulai belajar CSS.

Tips 3 – Bangun Interaksi

Javascript (JS) adalah bahasa yang dipakai untuk berinteraksi dengan elemen HTML baik untuk interaksi di tingkat pengguna (client side) maupun dengan server (server side) via ajax yang biasanya ditangani oleh PHP, ASP, JSP, Rail.

Belajar Membuat Web. Mulai Dari Mana ?

Umumnya Javascript digunakan untuk :
1. Menampilkan jumlah pengunjung di Blog/Web.
2. Menampilkan tanggal di Blog/Web.
3. Mendeteksi jenis dan type perangkat yg di gunakan pengunjung Blog/Web.
4. Dan masih banyak lagi.

Nah, tahap ini sebenarnya bisa dilewati dulu jika Anda begitu semangat tuk mempelajari pemrograman PHP & MySQL.

Tips 4 – Bangun Kekuatan dan Susun Strategi

PHP ialah salah satu bahasa pemrograman populer untuk membuat web dinamis. Faktanya, 80% website seluruh dunia menggunakan bahasa pemrograman PHP. Banyak website populer dunia seperti Facebook, Wikipedia, Yahoo, Photobucket dan WordPress dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP.

Sedangkan MySQL merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola data. Perpaduan PHP & MySQL akan mengahasilkan sebuah aplikasi web yang sangat baik dan power full. Sudah menjadi rahasia umum, jika Anda mempelajari PHP jangan lupa untuk mempelajari MySQL juga.

Belajar Membuat Web. Mulai Dari Mana ?

Pada tahap ini, pelajarilah bagaimana membuat aplikasi sederhana untuk menginput, mengubah, menampilkan dan menghapus data menggunakan PHP & MySQL. Kemudian, mulailah mempelajari membuat aplikasi yang lebih kompleks seperti web berita, web penjualan (online store), bahkan media sosial.

Perlu diingat, inti dari sebuah aplikasi web ialah pertukaran data informasi yang akurat. PHP & MySQL merupakan kekuatan utama dari aplikasi web. Baik dan buruk sebuah aplikasi web sangat ditentukan ditahap ini.

Cukup sampai disitu ?

Apabila Anda belajar sesuai dengan 4 tips diatas, bisa dikatakan Anda sudah menguasai bahasa pemrograman web. Namun, sangat disarankan jika Anda terus mempelajari ilmu dan teknik baru untuk memperbaharui kemampuan Anda.

Nah, diantara beragam ilmu dan teknik yang harus Anda pelajari dan ketahui ialah :

Javascript Framework (Library)

Javascript Framework ialah pustaka perintah Javascript yang siap digunakan untuk memudahkan Anda dalam mengembangkan aplikasi berbasis Javascript dan Ajax.

Diantara pustaka Javascript yang sangat populer ialah :

  • jQuery
  • Prototype
  • MooTools

Semua framework diatas memiliki fungsi yang umum diantaranya membuat animasi, manipulasi DOM, dan penanganan data dengan Ajax.

Beberapa contoh dari penggunaan jQuery :

Ajax

Ajax merupakan suatu teknik pemrograman berbasis web untuk menciptakan aplikasi web interaktif, cepat, dan usability. Ajax bertugas untuk melakukan pertukaran data dengan server di belakang layar, sehingga halaman web tidak harus dibaca ulang secara keseluruhan setiap kali seorang pengguna melakukan perubahan.

Beberapa contoh dari penggunaan Ajax ialah :

CSS Framework

Sering disebut juga dengan pustaka CSS ialah kumpulan beragam kerangka CSS siap pakai yang dapat digunakan untuk mendesain sebuah halaman website. Dengan pustaka CSS, Anda dapat mendesain halaman web lebih mudah dan setiap perintahnya sudah mengikuti standar World Wide Web Consortium (W3C).

Diantara pusataka CSS yang populer ialah :

  • 960 grid system
  • Blueprint
  • Twitter Bootstrap

Umumnya semua pustaka CSS sudah menyediakan style form, button, navigasi, desain responsive, layout, tipografi, media queries dan lainnya.

PHP Framework

Apabila Anda sudah mahir menguasai pemrograman PHP, sangat disarankan untuk menggunakan framework. Framework akan sangat bermanfaat apabila digunakan untuk membangun aplikasi yang besar dan kompleks. Ada beberapa framework populer yang bisa Anda pelajari, diantaranya ialah :

Tutorial Laravel.

Kesimpulan

Tips diatas merupakan gambaran untuk memulai mengenal dunia pemrograman web. Mulailah mempelajari bahasa pemrograman web dengan urutan disebutkan diatas. Selalu berlatih dan perbanyak jam terbang, sehingga Anda mahir di dunia pemrograman web.