WebRTC : Peluang Untuk Pengusaha Developer Web

News - 24 Sep 2013

Teknologi web telah berkembang dengan sangat pesat. Beragam fitur dan fungsi-fungsi setiap harinya terus dikembangkan oleh developer yang ada di seluruh dunia. Manfaatnya pun sangat kental kita rasakan sekarang, salah satunya ialah video call dan chat.

WebRTC : Peluang Untuk Pengusaha Developer Web

Nah, dengan pesatnya perkembangan tersebut lahirlah beragam tekologi untuk menutupi kekurangan yang ada sebelumnya. Karena pada dasarnya pun manusia selalu memiliki naluri untuk terus berkembang. Salah satu diantaranya ialah teknologi WebRTC.

Apa Itu WebRTC ?

WebRTC (Web Real-Time Communications) merupakan sebuah proyek open-source yang memungkinkan untuk dilakukannya komunikasi real-time lintas web browser. Teknologi ini berjalan diatas backbone web browser modern. Komunikasi tersebut nantinya terdiri dari pemanfaatan suara, video dan konektivitas menggunakan Javascript API tanpa plugin tambahan.

Seberapa Besarkah Manfaat WebRTC ?

Komunikasi real-time bukanlah konsep yang baru. Jika Anda pernah menggunakan Skype, maka hal tersebut salah satu ciri teknologi komunikasi real-time. Lainnya, tentu Anda semua sering melakukan chatting dan video call dengan layanan media sosial Facebook bukan ? dan hal tersebut juga merupakan komunikasi real-time.

Permasalahannya sekarang ialah untuk mengembangkan layanan komunikasi real-time tersebut dibutuhkan biaya pengembangan yang besar.

Selanjutnya, jika aplikasi sudah dikembangkan kita akan mendapatkan permasalahan pada pengguna akhir yaitu mereka diharuskan untuk mendownload dan menginstal plugin tambahan.

Dengan WebRTC semuanya akan berubah.

Dengan teknologi ini pengembang web dapat membangun komunikasi real-time dengan lebih sederhana. Developer nantinya cukup menggunakan Javascript API dan pengguna pun tidak lagi diharuskan mengintasl plugin tambahan.

Dimana Peluang WebRTC ?

Dengan WebRTC, nantinya pengusaha kecil menengah dapat bersaing dalam industri komunikasi dengan pengusaha besar sekalipun.

Sebagai contoh, pemilik web e-commerce kecil dapat berkomunikasi dengan pembeli online baik menggunakan suara, chat bahkan panggilan video.

Nah, dengan berkembangnya WebRTC ini tentu akan merubah paradigma baru dalam berkomunikasi di masyarakat. Untuk kondisi sekarang saja umumnya masyarakat kita sudah mengenal teknologi smartphone, media sosial dan e-commerce. Tentu hal ini akan menjadi sebuah peluang dan juga tantangan untuk developer web dalam mengusung teknologi WebRTC.

Diantara Yang Sudah Menggunakan WebRTC

Baru-baru ini dialogic meliris sebuah hasil survey mengenai WebRTC dan hasilnya 86,9% responden menunjukkan bahwa WebRTC akan memberikan perubahan signifikan pada produk mereka.

Menariknya, sebagian besar responden memprediksi industri pendidikan (35,9%) akan menjadi pasar yang paling mungkin memperoleh manfaat dari WebRTC, diikuti oleh hiburan dewasa (16,8%), game online (14,4%), kesehatan (12,6%), jasa keuangan (11,4%) dan akhirnya perhotelan (9%).

Salah satu contoh videogame online yang telah memanfaatkan WebRTC ialah Cubeslam yang menggunakan WebRTC untuk audio dan komunikasi video dengan lawan Anda ketika bermain.

Cubeslam

Selain Cubeslam, berikut beberapa contoh perusahaan internet yang sudah fokus pada WebRTC.

Masa Depan WebRTC

Bayangkan saja kedepan jika Anda akan menghubungi sebuah situs web melalui menu “Hubungi Kami” atau “Contact Us”, Anda akan disambut oleh petugas melalui percakapan video.

Sebagai developer web, Anda harus bisa melihat perkembangan kedepan untuk terus menambah kemampuan dan terus ber-eksperimen dengan teknologi yang mumpuni.

Dan semoga saja kedepannya sebagai developer web Anda dapat menghasilkan produk/aplikasi baru dengan memanfaatkan teknologi ini.

Ayo Belajar WebRTC

Berikut beberapa situs web yang dapat Anda gunakan sebagai referensi seputar WebRTC.



IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia