Membuat Dynamic Read More dengan PHP

Tutorial - 23 Dec 2013

Read more (link selengkapnya) ialah fasilitas untuk memotong artikel pada batasan atau limit tertentu. Ini dimaksudkan agar konten/artikel yang ditampilkan hanya cuplikannya saja. Biasanya fasilitas read more ini paling sering digunakan pada web dengan fokus pada konten seperti blog, web berita dan sebagainya.

Umumnya, untuk membuat read more ini developer web akan memotong sebuah artikel pada batasan suku kata tertentu misal 50 sampai 150 suku kata. Biasanya perintah yang digunakan ialah perintah substr, contoh :

<?php
$query = "SELECT konten FROM artikel";
while($fetch=mysql_fetch_array($query)){
echo substr($fetch["konten"],0,150);
}
?>

Permasalahan

Akan tetapi, jika potongan suku kata tersebut tidak tepat maka akan menimbulkan masalah bagi pembaca. Jika kita melihat aplikasi CMS modern pun, telah tersedia fasilitas link read more yang dapat digunakan untuk memotong artikel sesuai keinginan. Sebagai contoh anda dapat melihat fasilitas read more yang ada pada CMS WordPress.

Membuat Dynamic Read More dengan PHP

Fasilitas read more ini tentu sangat membantu bagi penulis konten, dikarenakan pengguna aplikasi dapat menentukan sendiri dibagian manakah artikel akan dipotong.

Solusi

Untuk mengatasi hal tersebut, maka kita perlu membuat sebuah fungsi PHP yang dapat mengontrol read more tersebut secara dinamis. Dimana pengguna aplikasi nantinya dapat menentukan dibagian manakah akan memotong sebuah artikel.

Untuk mulai membuat fasilitas dynamic read more, buatlah sebuah file misalfungsi.php, kemudian tuliskan fungsi berikut :

fungsi.php

<?php
function selengkapnya($konten){
  $i = strpos($konten, '<!--selengkapnya-->');
  if ($i !== false) {
   $i += strlen('<!--selengkapnya-->');
    return substr($konten, 0, $i);
  }
 else return $konten;
}
?>

Keterangan :
Secara umum, fungsi diatas nantinya akan mencari tulisan <!–selengapnya–>. Jika ditemukan, maka artikel akan dipotong hingga pada posisi tulisan tersebut.

Untuk menggunakannya, buatlah sebuah file misal index.php. Kemudian cukup panggil fungsi yang sudah dibuat.

index.php

include('fungsi.php');

$query = "SELECT konten FROM artikel";
while($fetch=mysql_fetch_array($query)){
echo selengkapnya($fetch["konten"]);
}

Kesimpulan

Dynamic read more ini dibuat dengan konsep seperti yang ada pada CMS modern. Nantinya, Anda dapat mengkombinasikan fungsi tersebut dengan editor yang ada pada aplikasi web Anda seperti TinyMCE, CKEditor, FCKFinder dan lainnya. Selamat mencoba.