Solusi Ketika PHP Menghapus MySQL Extension

News - 20 Oct 2013

PHP mendukung database MySQL menggunakan MySQL Extension. Jutaan proyek pembuatan web telah ditulis menggunakan PHP dan MySQL. Bisa dikatakan penggunaan PHP dan MySQL merupakan pilihan yang sangat tepat dalam membangun aplikasi web.

Solusi Ketika PHP Menghapus MySQL Extension

Permasalahan

PHP telah mendukung MySQL dari versi 2 melalui ekstensi mysql_. Sejak saat itu, penggunaan PHP dan MySQL dalam pembuatan aplikasi web telah banyak memikat dan digunakan oleh para developer.

Namun sejak tahun 2006, MySQL Extension tidak mengalami perubahan dan bahkan penambahan sedikit pun. Terlebih ketika dirilisnya PHP 5.5 diakhir tahun 2012, MySQL Extension secara resmi telah ditinggalkan. Jika Anda pun tetap menggunakan mysql_ functions pada PHP versi 5.5, maka akan muncul pesan warning error deprecated (E_DEPRECATED).

Perlu dicatat bukan integrasi antara PHP dan MySQL yang dihapus/ditinggalkan, melainkan fungsi prefix mysql_ yang akan dihapus di versi PHP 5.5 atau lebih baru.

Seiring dikembangkannya database MySQL, beragam fitur pun terus ditingkatkan. Diantaranya ialah :

  • Mendukung penggunaan Interface Object Oriented
  • Mendukung penggunaan Prepare Statement dan Multiple Statement
  • Mendukung penggunaan Transaction dan lainnya

Namun sangat disayangkan, semua fitur diatas tidak dapat Anda akses menggunakan MySQL Extension. Lalu bagaimana solusinya ?

Solusi

Untuk tetap dapat menggunakan MySQL sebagai database beserta dengan fitur terbarunya, PHP menyediakan alternatif lain yang dapat Anda gunakan. Yaitu dua extension, MySQLi (MySQL Improved) dan PDO MySQL.

MySQLi menyediakan dua metode akses yaitu menggunakan cara procedural ataupun OOP (Object Oriented Programming). Sedangkan PDO MySQL sepenuhnya menggunakan metode OOP. Dengan adanya dua extension tersebut, Anda cukup memilih salah satu diantara keduanya yang sesuai dengan kesenangan Anda.

Kesimpulan

Dengan berkembangnya PHP, penggunakan MySQL Extension akan dihapus kedepannya. Jadi untuk Anda yang masih menggunakan mysql_ function, segera migrasi ke MySQLi ataupun PDO MySQL. Anda dapat mulai mempelajari MySQLi disini ataupun PDO PHP disini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.